Tips Mengatasi Patah Hati

Tips Mengatasi Patah Hati

Data Hk – Kesedihan dan berbagai dampak yang timbul sebagai akibat patah hati jika tidak ditangani dengan benar akan bisa berlangsung lama dan bahkan bisa selamanya dan menjadi trauma. Reaksinya pada masing-masing orang bisa berbeda-beda. Ada yang lantas tidak bisa makan, namun ada juga yang justru lantas menjadi sering makan karena selalu merasa lapar dan lain sebagainya. Para pakar psikologi dan ahli menyatakan bahwa dalam kondisi tersebut tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon cortisol. Berbeda dengan hormon testoteron atau hormon estrogen atau insulin, hormon cortisol ini timbulnya ketika sedang mengalami stres. Sehingga perlu mengendalikan diri dan mengelola stres dengan baik, agar tak berdampak fatal pada kesehatan tubuh. Berikut ini tips mengatasi patah hati.

Stop Memikirkannya

Berhentilah untuk memikirkan orang yang tidak menaruh perhatian dan memikirkan diri Anda sebagai hal yang penting bagi dirinya. Itu hanya merupakan perbuatan yang sia-sia saja dan menyakiti diri sendiri. Demi kesehatan, maka sementara waktu putus kontak dan hindari kontak, baik itu secara langsung bertemu ataupun melalui berbagai media sosial, berhenti mencari tahu tentang kabar dirinya, apapun itu. Berhentilah untuk memikirkannya, mulailah untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih bermanfaat dan positif. Sibukkan diri dengan hal-hal lain yang lebih penting dan positif, yang akan berguna untuk masa depan. Berhenti memikirkan masa lalu. Buatlah kenangan baru pada tempat-tempat tertentu yang memiliki memori, bisa dengan mengajak teman menghabiskan waktu di tempat kenangan tersebut, atau melalui suatu jalan tertentu, rute penuh kenangan sebelumnya, dan lain sebagainya. Simpan dalam kotak segala benda yang bisa mengingatkan dan membuat kenangan, jika tidak atau belum ingin membuangnya, lalu taruh di gudang. Ubahlah tata ruang rumah dan segala sudut rumah yang bisa mengingatkan pada dirinya. Buatlah suasana baru yang nyaman untuk melupakan masa lalu. Hal yang paling berat adalah kenangan, karenanya lakukan segala upaya untuk menghapus dan membersihkan kenangan tersebut, gantilah dengan kenangan baru.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri dan Dekatkan Diri pada Tuhan

Tidak perlu menyesali keputusan yang telah dibuat, dan berhenti menyalahkan diri sendiri. Anda terlalu berharga dibanding dirinya. Tuhan memiliki rencana yang lebih baik dan berdoalah memohon agar bisa segera diberi pengganti yang jauh lebih baik dan agar diberi kekuatan untuk melalui tahap ini. Percayalah bahwa wanita baik-baik itu jodohnya adalah lelaki baik-baik, begitu juga sebaliknya. Jodoh itu cerminan diri. Jadi tetaplah terus berpikiran positif, pasti ada hikmah di sebalik kejadian tersebut. Jangan pernah menyandarkan harapan kepada manusia, sekalipun itu orang tua atau kekasih bahkan suami atau istri. Gantungkan harapan sepenuhnya hanya kepada Tuhan. Ikhlas dan pasrahkan diri untuk menjalani setiap takdir dari Nya. Skenario data hk dari Tuhan tidak perlu dilawan, akan ada hikmahnya tersendiri. Teruslah berdoa meminta yang terbaik.

Sibukkan dengan Kegiatan yang Positif

Merasa sedih dan menangis itu wajar dan boleh saja. Salurkan rasa sedih, kecewa dan amarah yang timbul menjadi suatu hal yang positif dan menimbulkan keuntungan. Bisa dengan menulis puisi, atau cerpen atau bahkan novel atau bisa menjadi lagu dan lain sebagainya. Menulis bisa menjadi salah satu cara untuk menumpahkan segala emosi. Cari teman untuk curhat, bisa itu teman akrab, atau orang tua, atau saudara dan lain sebagainya. Share dengan sahabat.

Melanjutkan Hidup

Hidup tak akan berhenti hanya karena ini. Lanjutkan hidup, atau istilah populernya adalah move on. Buatlah rencana-rencana baru liburan bersama teman atau mengadakan acara atau menghadiri suatu acara dengan teman-teman, atau membuat suatu project pekerjaan baru dan kesibukan positif lainnya. Cari kenalan baru dengan orang-orang yang baru. Tidak perlu buru-buru mencari kekasih baru atau menikah lagi, dikhawatirkan hanya menjadi semacam pelarian saja, nikmati saja hidup ini, namun juga jangan terlalu lama larut dalam kenangan masa lalu, jika memang sudah bertemu dengan yang merasa cocok maka jangan trauma untuk mencoba menjalin hubungan baru. Tidak perlu membanding-bandingkan pasangan baru dengan yang lama, anggap saja peristiwa buruk di masa lalu tersebut tidak pernah terjadi, anggap saja orang yang pernah melakukan pengkhianatan tersebut tidak pernah ada dan tidak pernah mengenalnya sama sekali. Tatap masa depan secara optimis dan mulailah lembaran hidup yang baru.

Lama atau cepatnya masa recovery pasca patah hati tersebut tergantung pada kesiapan diri masing-masing, yang jelas memang memerlukan waktu. Harus realistis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *